.Header h1 { height: 0px; visibility: hidden; display: none; } .Header .description { height: 0px; visibility: hidden; display: none; }

Jumat, 06 Maret 2009

yeah,LOVE ITB!


ini ada film bagus karya anak indonesia, alumni itb. http://vimeo.com/3773679 yang ngngkat isu agama dan ras.

Saya saya sebagai warga indonesia keturunan tionghoa tau dan pasti pernah merasakan menjadi kaum minoritas dan bagaimana rasanya rasis itu sndr. sebenarnya apa si rasis itu sndr?Rasisme adalah suatu sistem kepercayaan atau doktrin yang menyatakan bahwa perbedaan biologis yang melekat pada ras manusia menentukan pencapaian budaya atau individu – bahwa suatu ras tertentu lebih superior dan memiliki hak untuk mengatur yang lainnya(kutipan dari wikipedia). tapi sekarang rasisme telah memiliki arti yg lebih sempit dan konotasi yang buruk. contohnya:Black people yang dipanggil niger,negro,nigga bisa sangat marah karenasejarah panjang dibalik sebutan itu.saya pun jika dipanggil cina cukup tersinggung(toh saya punya nama).

apalagi saya kuliah di itb dimana saya juga menjadi minoritas dari segi agama maupun ras, tapi saya jd lebih byk bljr ttg toleransi. yg lucu adlh,prtm x msuk & dkat dgn tmn2 di itb skrg,mereka memandang sy dgn heran,"lo cina bukan si?kok mata lo belo", hahhaha, pdhl ras itu kn tgantung warna kulit bkan bsarnya ukuran mata seseorang.

teman saya di itb yg seorang muslim prnh bercerita bahwa teman dy yg muslim jg masuk k univ kristen dan slm 3thun tdk bisa jumatan karna slalu ada jam kuliah.ini percakapan antr sy(B) dan teman sy(A).si A:ikh keterlauan bgd,gkda toleransinya sm sx

B:yah,namanya jg jd minoritas, apalg dy univ yg jelas berlogo agama (baca:kristen)

A:Tapi tetep aj, gkda toleransinya

B:yah, gitulah minoritas, klo lo blm prnh ngerasain jd minoritas lo gkbkl tw gmn, memank kytaan nya sprt itu

sbnrnya sy menjwb itu dgn rs kesal,karna sy mengingat bbrp perlakuan yg mnrut sy jg krg toleransi, tp stlh sy mengingat2 jaman sma dlu dmn mayoritas beragama katolik, dan yg jd minoritas adlh kaum muslim dimana saat bulan puasa, org2 sekitar kurang sx toleransinya dan srg mkan minum tnp disadari. Karena nonmuslim mayoritas dan minoritasnya adlh muslim. Jadi mnurt sy, dmn ada mayoritas dan minoritas, memang susah tercipta toleransi yg kuat.

walopun begitu, i really love to be the part of itb. i've learn so much to be tolerate with the others.lagipula, gk sedikit muslim dan pribumi di itb yg bnr2 punya tingkat toleransi y tinggi(salut bwt mereka). yah,smg msg2 warga negara belahan bumi manapun dpt lebih slg menghargai. Ok,peace everyone:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar